Kamis, 20 Desember 2018

Keterkaitan ilmu alamiah dasar dengan jurusan pendidikan bahasa asing (mandarin)

Kali ini aku mau membagikan artikel yang sedikit mendidik nih, hehe
Yap, bener banget! Artikel ini terkait dengan pendidikan.
Jadi, beberapa waktu yang lalu aku dapet tugas mata kuliah ilmu alamiah dasar. Tugasnya adalah menhubungkan antara mata kuliah ilmu alamiah dasar dan jurusan yang tengah jejaki, yaitu jurusan pendidikan bahasa mandarin. Awalnya bingung nih, mau bahas apa, tapi karena aku uda banyak reset, so aku dapet pencerahan dong hehe. Aku mengkaitkan atau menghubungkan jurusanku dengan beberapa bab materi yang ada di buku iad yang telah disediakan kampus. So, aku bakalan bagikan ke kalian nih, keterkaitan atau hubungan antara ilmu alamiah dasar dengan pendidikan bahasa asing khususnya mandarin, semoga bermanfaat!



“ KETERKAITAN PERKEMBANGAN PENALARAN DAN TEKNOLOGI DENGAN BAHASA MANDARIN“
Ditunjukkan Tugas Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar


Disusun Oleh :
Nafisah Laulina
18020774076
PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Tahun 2018/2019



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah yang berjudul “KETERKAITAN PERKEMBANGAN PENALARAN DAN TEKNOLOGI DENGAN BAHASA MANDARIN” dengan baik dan tepat pada waktunya.
Makalah ini merupakan tugas mata kuliah Ilmu alamiah dasar di program studi Pendidikan bahasa mandarin di Fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Surabaya yang membahas tentang hubungan antara Ilmu alamiah dasar dengan Pendidikan bahasa mandarin.
Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Ibu Dra. Hermin B., M.Pd. selaku dosen mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dan segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta dukungan selama penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.







Surabaya, 30 Agustus 2018

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan temtang konsep-konsep dasar dalam bidang sains. Ilmu yang mempelajari secara mendalam tentang alam semesta beserta segala isinya. Salah satunya adalah manusia. Manusia memiliki kemampuaan berpikir dan bernalar dengan akal dan nuraninya memungkinkan manusia untuk terus berevolusi menjadi lebih baik.
Seperti yang telah ketahui, manusia telah mengalami evolusi sangat pesat. Salah satu contohnya adalah dari segi komunikasi. Dalam berkomunikasi kita memerlukan alat utama yaitu bahasa. Bahasa adalah alat komunikasi yang berupa system lambang bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Setiap bahasa memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Salah satu bahasa yang tertua adalah bahasa tionghoa atau yang lebih dikenal dengan bahasa mandarin. Penemuan bahasa ini mengalami proses yang sesuai dengan ciri dari ilmu alamiah dasar yang didasarkan pada pengamatan dan percobaan.
Tak hanya dalam segi bahasa, teknologi telah berkembang sangat pesat berkat adanya ilmu alamiah dasar. Mulai dari jaman belum mengenal aksara hingga internet kini dapat di akses tanpa batas, kemajuan ini berkat keingintahuan manusia, diikuti oleh hasil pengamatan dan percobaan yang menggunakan dasar ilmu sains. Dengan kemajuaan teknologi yang sangat pesat ini, membuat masyarakat mudah dalam menjalani kehidupan. Dengan adanya kombinasi antara bahasa dan teknologi, komunikasi dapat dilakukan dengan mudah, mulai dari negara satu dengan negara lain, memudahkan masyarakat mengerti bahasa selain bahasa ibu mereka. Sehingga, saran bertukar informasi, pikiran hingga budaya dapat dilakukan tanpa ada kendala

B.     RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan identifikasi latar belakang masalah yang dipaparkan di atas. Maka penulis dapat merumuskan sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan Ilmu alamiah dasar?
2.      Bagaimana hubungan materi mata kuliah ilmu alamiah dasar dengan pendidikan bahasa mandarin?
3.      Mengapa  ilmu alamiah dasar saling berkaitan dengan bahasa mandarin?

C.     TUJUAN

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah disebutkan diatas. Tujuan dari penyusunan laporan ini adalah :
1.      Untuk mengetahui pengertian dari Ilmu alamiah dasar.
2.      Untuk mengetahui materi dari mata kuliah ilmu alamiah dasar yang memiliki hubungan dengan pendidikan bahasa mandarin.
3.      Untuk mengetahui alasan keterkaitan antara ilmu alamiah dasar dengan bahasa mandarin.

D.    MANFAAT

Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan yang telah dipaparkan diatas maka, manfaat dari penyusunan laporan ini adalah :
1.      Menambah pengetahuan mengenai ilmu alamiah dasar terutama materi perkembangan penalaran fisik manusia serta materi perkembangan ains dan teknologi.
2.      Mengetahui hubungan antara ilmu alamiah dasar dengan pendidikan bahasa mandarin.

BAB II

PEMBAHASAN

1.      Pengertian ilmu alamiah dasar

Pengertian ilmu alamiah dasar menurut pemdapat Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi, yang pembahasannya mencakup pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya, serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.
Berdasarkan pengertian yang telah dijabarkan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang membahas mengenai gejala-gejala dalam alam semesta dan juga isinya.
Konsep awal terbentukya ilmu alamiah dasar adalah rasa keingintahuan manusia yang menyebabkan mereka melakukan riset, percobaan dan akhirnya menemukan teori-teori baru yang mana dapat mempermudah kehidupan manusia.
 Ilmu alamiah dasar dapat dipelajarinya dengan cara metode-metode atau prinsip-prinsip yang tidak dapat lepas dari kenyataan (realitas). Sehingga metode yang dapat digunakan dalam ilmu alamiah dasar adalah metode-metode yang tidak lepas dari objek-objek materi yang dapat dilihat dan dirasa oleh panca indra.
Sehingga Tujuan dari ilmu alamiah dasar itu sendiri adalah memberikan konsep dan gambaran mengenai ilmu pengetahuan alam kepada manusia supaya mereka mengenal dan lebih mengetahui tentang alam semesta ini.

2.      Materi ilmu alamiah dasar yang memiliki hubungan dengan pendidikan bahasa mandarin

Ilmu alamiah dasar adalah salah satu mata kuliah wajib. Seperti penjelasan yang telah dijelaskan diatas, ilmu alamiah dasar merupakan dasar pemecah masalah dikehidupan bermasyarakat sehingga ilmu alamiah dasar dapat mempermudah kehidupan manusia.
Ilmu alamiah dasar membahas berbagai materi, dan diantara sekian banyak materi yang tercantum dan dibahas, terdapat beberapa materi yang menunjukkan hubungan dengan bahasa mandarin. Bab perrtama yang menunjukan hubungan ilmu alamiah dasar dengan bahasa mandarin adalah bab perkembangan penalaran dan fisik manusia. Bab selanjutnya yang juga memiliki hubungan antara ilmu alamiah dasar dan pendidikan bahasa mandarin adalah sains dan teknologi dalam kehidupan manusia
Perkembangan penalaran dan fisik manusia adalah bab yang membahas mengenai evolusi manusia yang secara bertahap menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Sejak dilahirkan dimuka bumi, manusia berinteraksi dengan alam, interaksinya menimbulkan pengalaman. Alam memberikan rangsangan kepada manusia melalui pancaindra. Manusia yang memiliki kempuan untuk bernalar dan berpikir memungkinkan untuk selalu berbuat baik untuk dirinya dan juga lingkungan sekitarnya. Manusia memiliki kelebihan dibanding isi alam semesta lainnya. Kelebihan manusia adalah rohaninya, yakni akal budi dan kemauannya yang sangat kuat sehingga manusia dapat berevolusi seperti saat ini. Akal budi dan kemauan manusia keras adalah sifat unik yang dimiliki oleh manusia. Manusia juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dengan adanya rasa ingin tahu, manusia selalu berusaha mencari keterangan mengenai fenomena yang ada disekitarnya dengan cara melalukan percobaan (trial and error) dan menemukan ilmu pengetahuan yang baru. Suatu pengetahuan dinyatakan ilmiah apabila dapat memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.    Sistematis
Pengetahuan ilmiah harus bersifat sistematis yakni saling berkaitan dan memiliki hubungan kebanaran yang saling mendukung dengan pengetahuan lainnya atau bisa disebut tidak berdiri sendiri dan memiliki langkah yang tersusun dalam menemukannya.
2.      Berobjek
Kajian ilmu harus memiliki objek yang jelas.
3.      Bermetoda
Percobaan dan eksperimen terarah dan terukur dan mengandung fasehingga menghasilkan kebenaran..
4.      Universal 
Bersifat universal yakni berlaku secara menyuluruh.
Perlu diketahui pula bahwa disamping adanya kriteria ilmiah yang mampu menghasilkan kebenaran ilmiah, juga adapula kriteria kebenaran yang sifatnya non ilmiah, yakni :
a.       Perasaan
Perasaan merupakan salah satu cara untuk menarik kesimpulan yang tidak berdasarkan nalar tentu saja hal ini akan bersifat subjektif karena perasaan setiap orang satu dengan lainnya berbeda.
b.      Intuitif
Sedangkan instuisi merupakan kegiatan berpikir yang tidak analistis, tidak berdasarkan pola berpikir tertentu, pendapat yang berdasar intuisi timbul dari pengetahuan-pengetahuannya yang terdahulu melalui proses berpikir yang tidak disadari. Seolah-olah pendapat itu muncul begitu saja tanpa dipikir terlebih dahulu. Setiap orang memiliki kepekaan dan ketajaman yang tingkatnya berbeda-beda, mungkin orang yang terlatih intuisinya akan memeiliki kepekaan yang tinggi dan memungkinkan intuisinya dapat mendekati kebenaran atau sebaliknya bagi orang yang memiliki kepekaan dan ketajaman intuisi yang rendah.
c.       Trial and error
Sementara kebenaran dengan criteria trial and error sekalipun tingkat kebenaran lebih maju dibanding prasangka dan intuitif, tetapi pendekatan ini dipandang tidak efesien karena cara untuk memperoleh pengetahuan melalui coba-coba atau untung-untungan dan lebih cenderung error daripada berhasil.
Dengan adanya rasa ingin tahu manusia yang diikuti oleh berbagai macam percobaan maka lahir konsep yang disebut dengan ilmu alamiah dasar (sains). Kehidupan manusia saat ini tidak bisa dipisahkan oleh perkembangan sains dan teknologi. Sains berasal dari kata berbahasa inggris science yang berarti ilmu pengetahuan. Sains memiliki hubungan erat dengan teknologi. Teknologi merupakan hasil dari penerapan dari sains, dimana perkembangan sains juga terkait dengan perkembangan kebutuhan manusia.

3.      Keterkaitan antara ilmu alamiah dasar dan pendidikan bahasa mandarin

Berdasarkan penjabaran diatas kita dapat menarik benang merah antara ilmu alamiah dasar dan bahasa mandarin. Yang pertama adalah hubungan perkembangan penalaran dengan bahasa mandarin. Bahasa mandarin adalah bahasa yang digunakan oleh orang-orang tiongkok. Dalam bahasa mandarin kita mengenal karakter tulisan yang disebut dengan hanzi, hanzi adalah salah satu tulisan tertua. Aksara yang disebut hanzi ini merupakan tulisan serapan dari alam sekitar.
Hanzi yang paling awal muncul ditemukan pada jaman Dinasti Shang di dalam ukiran atau pahatan pada tempurung kura-kura, tulang rusa, dan lain-lain. Bentuknya sangat berbeda dengan Hanzi yang kita kenal sekarang dan sangat sulit untuk dipahami, bentuknya mirip lukisan karena diadopsi langsung berdasarkan objek atau benda yang digambarkan. Bentuk hanzi yang kita kenal sangat berbeda dengan hanzi pada jaman dahulu. Untuk menjadi bentuk yang kita kenal sekarang memakan waktu ribuan tahun.
Seperti pengertian yang telah dibahas diatas, perkembangan penalaran merupakan hasil dari keingintahuan manusia akan sesuatu. Manusia memiliki rasa ingin tahu yang besar dan diikuti oleh keinginan yang sangat kuat untuk memecahkan suatu masalah dengan didukung oleh naluri dan akal mereka. Masyarakat jaman dahulu melihat hanzi yang sulit dipahami berinisiatif mengubah hanzi menjadi lebih sederhana. Dengan melalui berbagai tahap hingga ditemukan hanzi yang kita kenal saat ini. Ini merupakan salah satu keterkaitan anatara ilmu alamiah dasar dan bahasa mandarin. Dengan adanya evolusi dari hanzi, maka masyarakat dapat mempelajari bahasa mandarin dengan lebih mudah.
Selain perkembangan penalaran, sains dan teknologi juga memiliki keterkaitan dengan bahasa mandarin. Teknologi yang kini berkembang sangat pesat mempermudah masyarakat untuk mencari berbagai referensi, berbagai ilmu dengan hanya bermodal handphone maupun laptop. Hal ini mempermudah masyarakat, khususnya pelajar dalam menuntut ilmu. Mereka yang memiliki minat dengan bahasa asing khususnya bahasa mandarin, tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk menuntut ilmu. Teknologi juga memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi, jaman sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Sehingga masyarakat dapat mengasah penegetahuan mengenai bahasa asing mereka berkat kemajuan teknologi yang ada sekarang.

BAB III

PENUTUP

 

A.    KESIMPULAN
Ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang membahas mengenai gejala-gejala dalam alam semesta dan juga isinya. Terdapat beberapa materi yang menunjukkan hubungan dengan pendidikan bahasa mandarin. Bab perrtama yang menunjukan hubungan ilmu alamiah dasar dengan bahasa mandarin adalah bab perkembangan penalaran dan fisik manusia. Bab selanjutnya yang juga memiliki hubungan antara ilmu alamiah dasar dan pendidikan bahasa mandarin adalah sains dan teknologi dalam kehidupan manusia.
Perkembangan penalaran dan fisik manusia adalah bab yang membahas mengenai evolusi manusia yang secara bertahap menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Sedangkan, sains dan teknologi merupakan hasil dari ilmu alamiah dasar yang dikembangkan lebih luas.
Keterkaitan bahasa mandarin dengan perkembangan penalaran dapat dilihat dari sejarah hanzi, yang awal mula berupa gambar dan lambat laun berubah menjadi lebih sederhana.
Sedangkan keterkaitan bahasa mandarin dengan sains dan teknologi adalah komunikasi, dan informasi dapat dengan mudah diakses sehingga mempermudah masyarakat khususnya pelajar yang berminat dengan bahasa asing dengan mudah mempelajari bahasa asing tanpa harus mengeluarga banyak biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar