Jumat, 05 April 2019

DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

NIMEN ANYEONG! XX
Beberapa waktu yang lalu, aku dapet tugas nih dari mata kuliah IAD atau dikenal juga dengan Ilmu Alamiah Dasar. Dari namanya aja uda keliatan kan? yap, mata kuliah ini membahasa tentang ilmu-ilmu Science atau ilmu alam namun secara garis besar gitu, gak secara mendalam. 
Tugas yang aku dapet kali ini bertema "DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA". Dari temanya kalian pasti uda ada gambaran dong isi dari tugas ini.

So, kali ini aku mau share kekalian hasil dari tugas aku, siapa tau kalian mendapat tugas yang sama dan bisa menjadikan tugasku ini sebagai reverensi

DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA


Dosen Pengampu :
Dra. Hermin B., M.Pd.

Disusun Oleh  :
Nafisah Laulina (18020774076)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN
PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN
2018






KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah yang berjudul “DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA” dengan baik dan tepat pada waktunya.
Makalah ini merupakan tugas mata kuliah Ilmu alamiah dasar di program studi Pendidikan bahasa mandarin di Fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Surabaya yang membahas tentang hubungan antara Ilmu alamiah dasar dengan Pendidikan bahasa mandarin.
Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Ibu Dra. Hermin B., M.Pd. selaku dosen mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dan segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta dukungan selama penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Surabaya, 2 Desember 2018
                                                                
Penulis













BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Seiring dengan perkembangan zaman, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan dorongan pola pikir manusia untuk terus bereksperimen dan menciptakan inovasi – inovasi baru untuk membantu aktivitas kehidupan manusia.
Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi. Kehadiran teknologi telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam kehidupan masyarakat tak hanya mempunyai dampak positif namun juga dampak negatif.
B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan identifikasi latar belakang masalah yang dipaparkan di atas. Maka penulis dapat merumuskan sebagai berikut :
1.      Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?
2.      Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?
C.     TUJUAN
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah disebutkan diatas. Tujuan dari penyusunan laporan ini adalah :
1.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
2.      Untuk mengetahui cara menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
D.    MANFAAT
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan yang telah dipaparkan diatas maka, manfaat dari penyusunan laporan ini adalah :
1.      Menambah pengetahuan mengenai dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya pada bidang pertanian, perternakan, perikanan dan kesehatan.
2.      Mengetahui penanggulangan dampak negatif yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

BAB II

PEMBAHASAN

No.
Bidang perkembangan iptek
Dampak positif
Dampak negatif
Upaya menaggulangi dampak negatif
1
Pertanian
memudahkan petani. Seperti sekarang sudah ada alat untuk memanen padi, jadi tidak menggunakan jasa manusia, bisa menggunakan alat yang canggih, cepat dan hemat biaya.
Karena tidak  memerlukan jasa manusia, maka peluang perkerjaan semakin sempit.
Mengimbangi antara penggunaan mesin dan jasa manusia.
2
Perternakan
Mengatasi masalah pelestarian species langka dan hampir punah. Dengan teknologi transplantasi nukleus, hewan / tumbuhan langka bisa dilestarikan dan lain sebagainya.
Munculnya pencemaran biologis, berupa penyebaran organisme transgenik yang tak terkendali.
Menggunakan iptek dengan bijak dalam bidamg pertenakan. Melakukan cloning untuk mendapatkan hewan transgenic yang diperlukan.
3
Perikanan
Mempermudah nelayan untuk menangkap ikan dengan teknologi yang ada
Adanya pengeboman pada terumbu karang demi mendapatkan banyak ikan
Memberikan peraturan yang jelas dan sanksi yang jelas kepada pelaku-pelaku yang merusak ekosistem laut

Kesehatan
Ditemukannya sinar-X
Efek Radiasi yang Berpotensi Menghasilkan Penyakit Baru
Membuat sekat yang tidak dapat dotembus oleh radiasi dari sinar-X.

BAB III

PENUTUP

1.      KESIMPULAN

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Banyak sekali hal positif yang kita bias dapatkan dari Ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tak hanya manfaat, ada pula mudarat atau dampak negative yang merupakan akibat dari penyalahgunaan teknologi. Kita sebagai manusia seharusnya bijak dalam menggunakan teknologi, agar kita dapat menjaga bumi kita dan menyediakan tempat yang layak bagi anak cucu kita kelak.
























DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar